Hubungi kami

Link Exchange

Link Sahabat

Ping your blog, website, or RSS feed for Free Jasa SEO dan Pembuatan Website Active Search Results

16 Agu 2011

PERGESERAN PARADIGMA PEMBANGUNAN

Ekonomika pembangunan mengalami pasang surut. Teori pembangunan mulai naik daun sejak makalah seminar Rosenstein Rodan (1943) menjadi acuan kajian pembangunan negara berkembang yang umumnya bekas jajahan dan masih miskin. Ia mengilustrasikan suatu negara di mana 20.000 pekerja yang menganggur di sektor pertanian dimasukkan dalam pabrik sepatu yang baru. Para pekerja ini menerima upah yang jauh lebih tinggi daripada sebelumnya. Argumentasinya, investasi baru ini mungkin akan tidak menguntungkan dalam daerah yang terisolasi, namun menjadi menguntungkan bila investasi yang sama dilakukan di banyak industri yang lain. Pemikiran ini berdasarkan atas asumsi skala ekonomis (bahwa pabrik harus didirikan dan memproduksi dengan skala massal agar efisien) dan dualisme (para pekerja dapat ditarik dari sektor pertanian yang pendapatan rendah).
           Aliran pemikiran semacam ini sangat berpengaruh di kalangan ekonom dan para pengambil kebijakan pada tahun 1940-an dan 1950-an. Krugman (1993), penerima hadiah nobel dalam ekonomika, menyebutnya sebagai "high development theory". Namun teori-teori seperti itu menjadi turun daya tariknya pada akhir tahun 1950-an, yang menandai munculnya berbagai pemikiran dan paradigma pembangunan yang baru.
Mungkin pertanyaan yang muncul adalah: apa sebenarnya yang dimaksud dengan “pembangunan”? Bab ini akan mencoba menjawab pertanyaan ini dengan menelusuri evolusi pergeseran paradigma ekonomika pembangunan. . . . .
Selengkapnya Silahkan di download di DI SINI
BuyBlogReviews.com

2 komentar

penyuluh perikanan

bagus juga postingannya kawan, sangat bermanfaat
salam kenal, silahkan mampir ditunggu uyah

mufasir

makasih kawan, blog anda juga menarik

Posting Komentar

Tinggalkan pesan anda disini